Jenis – Jenis Konsumen Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis – Jenis Konsumen Yang Harus Kamu Ketahui

Konsultannasa.net – Konsumeen adalah hal yang penting dalam sebuah perdagangan karena merekalah yang akan menentukan hasil apakah produk yang kita jual menjadi minat mereka atau tidak. Tak sampai disitu sebuah bisnis tentu akan sangat membutuhkan sebuah hasil yang baik. Yang mana hasil tersebut bisa dilihat dari para kepuasan konsumen. Konsumen memiliki berbagai banyak karakter yang harus anda tahu bahwa mereka harus di layani semaksimal mungkin. Konsumen tak selamanya membawa pengaruh positif terhadap bisnis kita karena mereka memiliki pemikiran sendiri bagaimana mereka akan memperlakukan produk kita. Namun terlepas dari semua itu seorang konsumen harus dihargai keberadaannya. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkah Laku Konsumen!

Memang tak jarang kasus yang melibatkan konsumen yang dapat berdampak pada sebuah kegagalan usaha. Hal ini tentu tak lepas dari pelayanan kita sebagai produser atau owner. Biasanya kebanyakan dari konsumen memilih untuk menikmati produk lain karena banyak hal seperti rasa yang kurang menarik, pelayanan yang tidak memuaskan dan harga yang tidak sesuai. Cara Memulai Bisnis Property Dengan Benar!

Oleh karenanya dalam sebuah bisnis kita harus memiliki pertimbangan yang cukup berat mengenai semua itu. Tak khayal dari segalanya yang kita lakukan adalah semata – mata adalah mendapatkan untung melalui konsumen. Ibarat kata konsumen adalah raja yang dapat menentukan kemampulabaan produk kita. Namun tetap saja sebagai produser atau owner segala hal yang menentukan adalah kerja keras kita dalam menjalankan bisnis tersebut. Cara Belanja Onlin Dengan Aman Dan Nyaman!

Jenis-Jenis Perilaku Konsumen

Hasil gambar untuk konsumen

Konsumen memiliki berbagai macam perilaku ada yang dari beberapa mereka terlalu mempermsalahkan harga adapula yang sama sekali tidak mempertimbangkan harga. Semua tentunya tergantung dari seberapa jauh kemmapuan mereka dalam perihal keuangan mereka sendiri. Memang begitu rumit jika kita melihat betapa besarnya pengaruhb konsumen dalam sebuah usaha. Adapaun jenis – jenis konsumen di antaranya:

1. Konsumen Rasional

Konsumen jenis ini memang seperti namanya rasional artinya semua akan lebih di pikir secara  matang – matang oleh mereka sendiri. Tak sampai disitu karena mereka sangat mengutamakan kebuuhan dan apa yang mereka sangat butuhkan hingga mendesak. Hal ini tentu membuat para perodusen memiliki banyak pertimbanagn dalam menganalisis bisnis apa yang cocok untuk konsumen jenis seperti ini. mereka sangat susah untuk tergiut dalam hal diskon atau big sale dan lainnya . maka dari itu untuk dapat menyelesaikan semua itu anda pastinya harus berfikir positif dan mencerna baik – baik segala hal yang berkaitan dengan konsumen jenis ini. Cara Mengajukan Pinjaman di Koperasi Untuk Modal Usaha

Gambar terkait

Adapun beberapa ciri – ciri yang sangat menonjol pada konsumen satu ini seperti mereka hanya dapat membelanjakan sesuatu yang mereka butuhkan dan inginkan saja. Bukan hanya itu saja selain mereka memilih produk sesuai kebutuhan, mereka juga memiliki pandangan bahwa apa yang mereka beli adalah produk yang sangat optimal jika di gunakan. Tentunya konsumen satu ini sangat mengedapankan sebuah mutu dan kualitas dari roduk yang mereka beli dan gunakan nantinya. Menariknya lagi konsumen yang satu ini adalah mereka yang sangat mengedepankan harga yang sesuai pada bugdet mereka. Begini Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik!

Artinya bahwa konsumen jenis ini sangat mengedepankan harga sesuai budget dan juga kualitas yang terjaga. Hal ini tentu pertimbangan yang sangat menarik untuk para produser dimana mereka harus mengeluarkan beberapa produk yang berkualitas dengan harga sangat murah di bandingkan produk lainnya.

Gambar terkait

Jika kita berfikir secara logis konsumen model seperti ini sangat membuat para produsen kuwalahan dalam memproduksi barang. Hal ini karena produsen berfikir mengambil keuntungan sebanyak – banyakny akan tetapi konsumen model seperti ini memikirkan keuntungan dari berbagai segi. Selain itu poduksi juga memerlukan berbagai macam proses dan bahan artinya untuk mencapai harga yang rendah dengan kualitas yang tinggi hal ini tentu tdak mungkin. Perlu kita ketahui bahwa segala produk yang berkualitas tinggi memiliki harga yang tidak  ecek – ecek dibandingkan dengan produk lainnya. Tentu anda juga menyadari akan hal ini. anda yang sering memakai produk yang berkualitas lebih akan sangat merasa ada yang kurang  jika memakai produk yang memiliki kualitas kurang meskipun harganya murah.

Konsumen rasional ini merupakan konsumen yang memiliki logika keuntungan yang sangat mendalam. Tentu karena mereka sangat mengedepankan kualitas harga dan juga kebutuhan . tak sampai disitu konsumen jenis ini adalah konsumen yang sangat memperhatikan barang apa yang mereka beli adalah barang yang sangat butuhkan. Menariknya lagi mereka juga harus menelaah lebih jauh lagi tentang fungsi barang tersebut. tak di pungkiri memang sebuah fungsi barang sangat harus di pertimbangkan sebaik mungkin. Akan tetapi jika kita mempertimbangkan kualitas, keawetan barang, dan juga harga yang sesuai budget tentu hal ini sangat memberatkan para produsen.

2. Konsumen Irasional

Gambar terkait

Konsumen irasional adalah konsumen yang sangat mudah tergiur terhadap potongan harga, diskon dan lainnya. Hal ini tentu akan membuat para produsen merasa di untungkan banyak oleh mereka. Bisa dikatakan produsen jenis satu ini sangat mudah tergiur oleh iklan atau strategi marketing yang biasa dilakukan oleh para produsen.

Tak sampai disitu mereka juga sangat mengedapnakna sebuah gengsi artinya mereka sangat menyukai segala hal yang membuat nmereka terliat lebih oke di bandingkan orang lain. Jangankan untuk sebuah barang yang tidak memiliki fungsi banyak bahkan mereka juga membeli segala barang yang membuat mereka terlihat menarik dengan harga yang fantastis. Sangat berbeda dengan jenis yang sebelumnya dimana jenis rasional bisa dikatakan konsumen yang sangat ngirit tapi tetap mengendepankan harga yang murah. hal ini sangat jauh berbeda dnegn konsumen jenis irrasional karena mereka sangat mengedepankan hasrat untuk gengsi mereka sendiri yang memperrkuat apa yang mereka rasakan.

Adapun ciri – ciri dari konsumen jenis satu ini dimana mereka sangat akan tergiur oleh iklan ynag beredar. Yang mana iklan sendiri diciptakan untuk menarik konsumen sebanyak – banyak nya. Maka dengan demikian hal ini sangat berlakuj untuk konsumen jenis satu ini karena mereka membeli sebuah produk dengan alasan yang sangat klasik yakni berawal dari melihati sebuah iklan yang sudah beredar.

Hasil gambar untuk konsumen

Selain itu juga mereka sangat mempertimbangkan barang berdasarkan popularitas saja. Artinya bahwa konsumen jenis ini akan membeli barang yang menurut mereka akan menjunjung penampilan mereka berdasarkan popularitas merk dan model. Hal ini tentu mreka tanpa mempertimbangkan kualitas barang yang mereka beli karena jelas saja bagi mereka apapun yang mereka beli adalah support untuk popularitas mereka. Selain itu mereka juga bisa di katakan tak mengedepankan sebuah fungsi dari produk yang biasa mereka beli. Maka hal ini sebenarnya akan merugikkan diri mereka  sendiri. Namun demi sebuah kepuasan gengsi hal ini masih aman – aman saja bagi konsumen jenis ini.

Tak sampai di situ karena mereka juga sangat terlihat membeli barang hanya untuk sebuah gengsi yang cukup besar sehingga mereka tak akan pernah mempertimbangkan apa yang mereka butuhkan. Membeli barang dengan mempertimbangkan gengsi tentu akan merugikan diri mereka sendiri. Bisa di katakan hal ini akan menjadi penyakit  untuk mereka dalam hal sosial. Tak hanya itu karena mereka ltentunya akan rugi dalam hal materi yang cukup fantastis. Jika anda memiliki sifat yang seperti dengan jenis konsumen irrasional ini maka lebih baik anda segera berhenti untuk hal tersebut.

Hasil gambar untuk konsumen

Namun konsumen jenis ini sangat di minati para produsen besar pasalnya tentu mereka memiliki dampak yang snagat besar bagi keuntungan perusahaan itu sendiri. Mereka para produsen akan menyukai konsumen jenis ini dan tentu para konsumen jenis seperti ini adalah sasaran empuk bagi para produsen.

Dari kesimpulan kutipan diatas bisa kita lihat bagaimana keuntungan yang bisa kita ambil dari 2 pelaku yang berbeda yakni pengusaha dan konsumen. Dari sisi pengusaha jelas saja bahwa konsumen jenis irasional sangat menguntungkan dengan jumlah yang cukup besar. Sedangkan dari sisi lain bahwa konsumen rasional akan membuat gulung tikar sebuah pengusaha karena jenis satu ini sangat memiliki banyak keinginan keuntungan dari berbagai sisi. Ada baiknya jika anda menjadi konsumen maka anda perlu menjadi konsumen yang rasional sedangkan jika anda seorang pengusaha atau produsen maka target anda adalah para konsumen irrasional.

Jenis konsumen berdasarkan jumlah pelakunya

Konsumen sangat beraneka ragam jenisnya jika kita menilik dari jeri jenis pelakunya jelas ada 2 yakni jenis perorangan dan organisasi. Dimana perorangan ini lebih bersifat individu sedangkan pada konsuumen organisasi bersifat masal. Untuk lebih detailnya adalah sebaga berikut :

1. Konsumen Perorangan (Personal Consumer)

Konsumen jenis selanjutnya adalah konsumen perorangan, seperti pada namanya maka jelas konsumen jenis in adalah konsumen yang membeli barang untuk kebutuhannya sendiri secara pribadi. Sebenarnya tak melulu soal barang karena dalam memenuhi kebutuhan adapula kebutuhan jasa seperti jasa pijat, relaksasi dan lainnya. Hal inilah yang menjadi kebutuhan pokok para konsumen. Jika kita berbicara tentang kebutuhan maka jelashal yang sangat senter untuk kita jelaskan adalaha bagaimana  mereka membelinya dan juga kegunaanya. Dalam  hal ini tentu mereka memiliki perepsi masing – masing untuk setiap barang yang mereka beli dan butuhkan. Tak sampai disitu berbagai orang juga sangat mengendepankan hasrat untuk membeliuntuk memenuhi kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu untuk di penuhi.

Hasil gambar untuk konsumen

Kebutuhan seseorang dengan lainnya sangat berbeda karena mereka memiliki karakter dan keadaan masing – masing. bisa dikatakan jika kita memiliki kebutuhan yang cukup besar artinya kita memiliki banyak uang. Namun jika kita membeli kebutuhan yang hanya kebutuhan pokok maka kita di kategorikan tidak meiliki banyak uang. Akan tetapi hal ini tentu tak melulu mengenai uang karena seseorang yang memiliki kebutuhan  banyak dirinya akan merasa puas jika kebutuhannya terpenuhi. Begitu juga dengan mereka yang memiliki  kebutuhan yang cukup kecil maka bisa dikatakan mereka akan puas jika kebutuhannya terpenuhi. Semua itu tergantung dari tingkat kepuasan diri kita masing – masing.

Kebutuhan seseorang tak melulu sebuah sandang pangan dan papan. Hal ini karena bisa saja setiap peronal dari mereka menginginkan hal yang sangat lebih seperti ponsel. Bisa dikatakan di jaman sekarang kebutuhan individu masyarakat akan kenyang jika kuota penuh dan kebutuhan lainnya dapat terpenuhi. Hal ini juga yang memicu para produsen berlomba – lomba untuk memproduksi bermacam jenis varian kebutuhan yang di perlukan oleh para konsumen. Kebutuhan  konsumen perorangan bisa saja di sebut sebagai end user. Artinya mereka adalah para konsumen akhir yan menikmati produk tanpa di jual kembali atau di olah dengan kreativitas lainnya.  Bisa dikatakan bahwa konsumen perorangan ini adalah para konsumen asli yang biasa kita lakukan di setiap hari.

2. Konsumen Organisasi (Organizational Consumer)

Gambar terkait

Konsumen  organisasi artinya kita membeli sebuah produk untuk keperluan operasional organisasi tersebut. dimana barang yang kita beli bisa juga berupa barang ataupun jasa. Artinya di dalamnya memiiliki keperntingan kebutuhan orang banyak dan menyangkut lebib hari satu kebutuhan. Tak sampai disitu bahwa pada konsumen organisasi ini biasanya ada pengolahan lanjutan yang akan di perjual belikan kembali untuk kepentingan organisasi. Yang di maksud dalam sebuah organisasi adalah seperti pada pengecer dan agen serta jenis lainnya. Artinya bahwa nantinya barang yang telah di beli dari para produsen akan di kembangkan kembali atau masih dalam keadaan utuh namun di jual belikan untuk kebutuhan konsumen akhir.

Konsumen organisasi ini memiliki banyak keuntungan artinya mereka dapat membeli barang dari produsen dengan jumlah yang cukup banyak dengan harga yang sedikit. Akan tetapi konsumen organisasi ini dapat menargetkan keuntungan sesaui dengan keinginan mereka pada saat barang tersebut di jual kembali. Konsumen organisasi ini sangat di minati para konsumen karena memang kita bisa dikatakan tak hanya di kategorikan sebagai konsumen akan tetapi juga sebagai produsen atau penyalur barang tangan kedua. Kita bisa menemukannya di pasar atau toko – toko terdekat jika kita sebagai konsumen akhir maka pasti kita akan menyebut merek adalah para pedagang. Namun jika adalah para produsen tentunya kita akan menyebut mereka sebagai konsumen organisasi.

Gambar terkait

Sebenarnya jika kita dapat melihat dengan jeli bahwa konsumen organisasi sangat bermanfaat bagi kita semua karena dari mereka kita tidak perlu membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini karena tentu jika membeli di produsennya langsung kita tidak dapat membeli produk dengan jumlah eceran. Karena para produsen besar hanya memperjualkan produk dalam jumlah yang banyak maka dari itu kita sangat memerlukan para agen, pengecer dan pedagang dalam jumlah kecil lainnya.

Baik konsumen perorangan ataupun konsumen organisasi tetap saja kita adalah seorang konsumen yang hanya dapat memenuhi kebutuhan dengan cara membeli tanpa memproduksi sendiri. Namun untuk menghemat budget harian anda maka anda bisa saja menjadi konsumen organisasi selain anda mendapatkan barang sesuai kebutuhan ada juga mampu memperjualkan kembali pada konsumen perorangan ataupun konsumen akhir.

Gambar terkait

Jika kita berbiacar tentang konsumen pastinya tidak dapat di jabarkan dengan banyak karena mereka memiliki kelebihannya masing – masing. yang perlu di ingat adalah bahwa sebagai konsumen kita harus lebih mengedepankan sebuah kepentingan pokok tanpa memikirkan gengsi yang berlebih. Sebenarnya jika kita telaah lebih dalam bahwa sebuah barang akan bagus anda kenakan jika anda memiliki percaya diri yang tinggi. Jangan sampai anda merasa mahal terhadap apa yang anda kenakan karena apa yang anda kenakan harusnya lebih murah dari diri anda sendiri. Gengsi hanya dapat membuat hidup anda semakin tergerus oleh jaman, selain itu dengan adanya gengsi juga mereka pastinya akan mengeluarkan budget lebih untuk menutupi gengsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *