Begini Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik!

Begini Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik!

Konsultannasa.net – Keuangan merupakan hal yang sangat sensitif  untuk kita kendalikan, hal ini karena beberap orang memang memiliki nafsu sendiri dalam mengendalikan uang. Tak sampai di situ biasanya bahkan ada orang yang menghabiskan uang tak sampai 1 hari dalam jumlah yang banyak. Hal inilah ynag basanya menjadi peluang sangat apik untuk para ahli keuangan dakam upaya membantu konsumennya dalam mengendalikan uang mereka.

Uang dapat kita hasilkan dari berbagai macam hal seperti pinjaman, bunga dan juga penghasilan serta masih banyak lagi sumbernya. Tak melulu uang merupakan sebuah sarana agar lkita di pandang lebih baik lagi dimata orang lain karena hal ini tentu saja tergantung dari sikap kita dalam menghargai orang lain. Uang merupakan hal ang sangat menarik untuk di bahas dalam dunia bisnis karena pendapatan utama dalam sebuah biisnis adalah uang. Dengan menggunakan uang kita dapat memebli apa saja untuk mencukupi segala kebutuhan kita. Baca Juga Bisnis Yang Tiap Hari Laku Baik Online Dan Offline!

Uang dan keuangan tentu hal yang berbeda, hal ini karena uang merupakan sebuah benda mat yang bisa di gunakan untuk sebagai transaksi. Sedangkan keuangan merupakan hal apa saja yang yang menghasilkan uang ataupun yang memiliki nominal uang. Bahkan biasanya uang akan menjadi hal yang sangat di elu – elu kan oleh banyak orang. Berbeda dengan keuangan karena keuangan jarang sekali orang yang bisa mengolahnya dan mengerti nilai nominalnya berapa. Baca Juga Kupas Tuntas Tentang Iklan Yang Jarang Orang Tahu!

Untuk menjalankan kehidupan sehari – hari pastinya anda memerlukan uang yang cukup untuk membeli segala hal yang anda butuhkan. Bukan hanya itu saja karena dengan menggunakan uang anda juga bisa saja terlena untuk melakukan hal apa saja sehingga anda dapat di kategorikan sebagai orang yang boros akan uang. Baca Juga Promosi Marketing Paling Jitu Yang Harus Anda Coba!

Bagi sebagian besar orsng bahkan ,rela merogoh kocek dalam – dalam hanya untuk sekedar berkosnultasi dengan para ahli keuangan untuk megatur keuangan mereka.

Gambar terkait

Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengatur keuangan diantaranya seperti :

Atur Keuangan Pribadi Anda

Hal yang paling mudah anda lakukan adalah dengan mengatur keunangan anda dengan tangan dn pikiran anda sendiri. Anda bisa lakukan dengan mengendalikan  pengeluaran dan pemasukan anda. Pastinya beberapa dari anda sudh memiliki pemasukan sendiri atau bisa dikatakan dengan penghasilan sendiri. Penghasilan merupakan upah atau gaji yang akan anda terima setelah anda melakukan pekerjaan anda setiap perbualan sekali. Hal ini bisa anda anda kendalikan untuk sebagian di tabungkan agar nantinya bisa di gunakan untuk kebutuhan yang tak terduga atau kebutuhan lainnya. Baca Juga Cara Jitu Menghasilkan Rupiah Dari instagram!

Penjghasilan ini memiliki ragam hasil yang mana di antaran satu orang dengan lainnya akna sangat berbeda dam hal ini karena memang mereka memiliki profesi yang berbeda. Namun demikian jika penghasilan anda meskipun sedikit tetapi masih dapat di tabung setiap bulannya pastinya akan sangat memiliki banyak manfaat yang mana akan membuat anda lebih ringan dalam menghadapi hal negatif lainnya mengenai uang. Baca Juga Kupas Tuntas Tentang Startup !

Hasil gambar untuk keuangan

Begitupun dengan pengeluaran yang memiliki banyak ragamnnya  tentu anda hanya  berusaha untuk tidak bersikap boros terhadap kebutuhan yang anda butuhkan. Kebutuhan seseorang dengan orang lainnya tentu akan berbeda karena mereka memiliki selera masing – masing dan pendapatan masing – masing. Tak di pungkiri biasanya orang yang memiliki pendapatan semakin banyak maka akan makin banyak pula beberapa kebutuhannya. Begitu pula dengan orang yang memiliki pendapatan sedikit maka mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menekan angka pengeluaran yang mereka miliki.

Mengatur keuangan sendiri adalah bentuk  kemandirian anda dalam mengatur hidup anda sendiri. Maka dari itu lebih baik untuk hal ini anda harus belajar sedini mungkin untuk dapat mengatur keuangan sendiri. Pada intinya anda hanya perlu menyisihkan sedikit uang anda untuk persiapan kebutuhan anda yang mendesak. Sedangkan untuk pengeluaran anda bisa menekan angka pengeluaran dengan hanya membelanjakan hanya apa yang anda butuhkan saja. Dengan demikian keuangan anda akan sangat stabil dan lebih mudah untuk dikendalikan dengan mudah.

Mencatat Rincian Pendapatan

Gambar terkait

Pendapatan merupakan sebuah hal yang sudah pasti dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Mereka pastinya sudah mmiliki profesi masing – masing sesuai kehalian dan bidanng mereka. Dari pedapatan satu dengan lainnya tentu tidak sama. Untuk cara mengatur uang kali ini adalah dengan mencatat rincian pendapatan sendiri. Sebenarnya mungkin hanya sebagian orang yang melakukan hal ini karena dalam pikiran mereka hanyalah sebuah hal yang sepele jika kita mencatat pendapatan kita. Hal ini juga pastinya kita akan lakukan jika memang kita memiliki penghasilan dari banyak sumber seperti jualan dan pekerjanaan tetap, yang mana artinya anda memiliki dua sumber penghasilan yang harus anda rinci.

Hal ini akan berbeda jika anda hnaya memiliki satu sumber penghasilan saja tentunya anda akan lebih mudah dalam merinci pendapatan ada. Merinci pendapatan anda dalam menggunakana catatan tentu akan mempermudah anda dalam mengetahui seberapa banyak penghasilan anda dalam sebulan. Tak hanya itu anda juga dapat menyisihkan beberapa bagian uang anda yang sekiranya memang tidak digunakan dan ditabung atau di asuransikan.Dengan mencatat pendapatan anda pastinya anda akan lebih mengerti dan menyadari seberapa jauh anda dalam menghasilkan unag dalam sebulan sehingga tak dapat seenaknya mengeluarkan uang untuk hal  yang kurang bermakna.

Hasil gambar untuk keuangan

Dalam mencatat pendapatan anda bisa anda rinci dari mulai gaji, bunga, bonus hingga uang laiinya yang masuk dengan hal tak terduga misalnya mendapat jatah dari orang tua. Hal ini sangat penting untuk anda rinci kembali seperti pemotongan pajak karena tentunya gaji ayang anda dapatkan adalah berapa persen merupakan uang yang harus di setorkan untuk pajak. Jadi dalam perhintungan ini anda akan mengerti bahwa uang hasil pendapatan anda catat adalah uang yang sudah bersih tanpa di potong dengan hal lainnya kecuali pajak.

Menariknya jika anda adalah orang yang malas dalam mencatat suatu hal maka tentunya anda bisa menggunakan ponsel anda untuk menyimpan beberapa catatan penghasilan anda di memo, sehingga akan lebih mudah jika suatu saat akan anda lihat di jalan atau di manapun.

Membuat Anggaran Pengeluaran

Hasil gambar untuk keuangan

Pengeluaran memang tak banyak sebagian orang yang mudah untuk mengendalikannya. Bisa saja anda termasuk orang yan tidak mampu dalam mengendalikan uang. Namun anda tak perlu cemas karena kami memiliki solusia yang tepat untuk anda yakni cukup dengan cara mencatat hasil pemikiran anda mengenai hal apa yang anda akan beli. Biasanya hal ini cukup sulit karena tntu ini akan sangat sulit untuk di terka karena pastinya anda harus memiliki beberapa perumpamaan harga yang baik. Tak hanya itu dalam mengendalikan uang dalam suatu peneluaran seseorang harus benar – benar jeli dan sangat  di pikir matang – maatang mengenai harga yang di cantumkan dalam anggaran.

Anggaran biasanya di gunakan oleh sebuah perusahaan dalam menerka – nerka hasil yang pasti dalam menggunakan modal untuk bahan pokok yang di gunakan untuk produksi. Begitupun dengan sebuah manajemen keuangan diri sendiri anda juga memerlukan sebuaha anggaran agar nantinya anda tidak kaget jika memang kebutuhan anda memerlukan banyak uang.

Hasil gambar untuk keuangan

Mencatat anggaran juga akan membantu kita untuk mengerti beberapa hal yang harus menjadi prioritas kita untuk di beli dan tidak untuk di beli. Biasanya beberapa orang jika membelanjakan sesuatu tanpa menggunakan  catatan anggaran maka pastinya mereka akan merasa kualahan dan apa saja yang mereka lihat akan di beli tanpa di cerna terlebih dahulu. Hal  seperti demikian biasanya akan sering di alami oleh beberapa wanita, karena memang wanita lebih identik dalam urusan belanja apalagi jika mengenai kosmetik baju dan pakaian lainnya mereka akan lebih menyukai hal tersebut.

Bebrapa orang meyakini memang menggunakan anggaran pengeluaran lebih efisien dan lebih banyak kaya akan manfaatnya. Pastinya ini pula yang mendorong beberapa pakar ekonomi menyarankan hal demikian demi kelangsungan hidup orang dalam memenuhi kebutuhan. Dalam mencatat sebuah anggaran pengeluaran maka di dalamnya ada bebrapa hal yang mestinya harus di catat sebagai kebutuhan pokok di antaranya :

Sedekah

Gambar terkait

Sedekah adalah hal yang sangat wajib anda keluarkan setiap saat, maka dari itu sedekah sudah pasti ikut dalam pencatatan anggaran pengeluaran. Sedekah dapat di katakan sangat wajib dan sangat berguna bagi kita karena pastinya dengan anda bersedekah maka anda akan terhindar dari segala mala petaka. Dengan bersedekah kita juga akan sedikit membantu orang lain dalam meringankan beban kebutuhan mereka. Anda bisa menyisihkan berapa persen dari pendapatan anda untuk bersedekah setiap bulannya. Tak sampai disitu karena banyak orang yang mengatakan bahwa bersedekah mencegah adanya riba. Maka dari itu anda lebih baik mengeluarkan uang anda untuk bersedekah.

Kebutuhan Rutin

Kebutuhan rutin merupakan hal ynag wajib anda anggarkan setiap bulannya. Hal ini karena kebutuhan merupakan hal yang harus anda penuhi setiap waktunya. Bukan ahnya itu pada jaman sekarang ini kebutuhan rutin seperti makan dan minum mengalami sedikit kenaikan. Namun anda tak perlu khawatir karena menggunakan anggaran pengeluaran anda akan lebih mudah untuk  menentukan kebutuhan pokok anda. Kebutuhan rutin bisa berupa alat mandi, sabun cuci, makanan, minuman, dan masih banyak lagi. Tentunya jika kita membelinya setiap hari tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu akan menambah biaya belanja sendiri. Banyak hal yang harus anda pertimbangkan dalam menentukan kebutuhan rutin karena hal ini akan membuat anda semakin banyak pengeluaran jika  anda tidak mempertimbangkan.

Gambar terkait

Tabungan

Tabungan merupakan hal yang wajib bagi setiap manusia karena nantinya tabunganlah yang akan menolong kita pada waktu kta merasa terdesak oleh suatu kebutuhan yang tak bisa di duga. Tabungan sangat banyak memiliki kegunaan seperti jika anda ingin membeli sesuatu maka anda bisa menggunakan tabungan anda untuk memebli apa yang anda impikan selama ini. bukan hanya itu saja jika anda sedang mengalami kesusahan mengenai keuangan , maka anda bisa menggunakan tabungan anda sebagai cadangan. Begitu banyak keuntungan anda memiliki tabungan, sayangnya hal ini jarang orang lakukan karena mereka menganggap bahwa dirinya mampu untuk memenuhi kebutuhannya sepanjang hidupnya. Tentu mereka tanpa berfikir panjang akan kemungkinan buruk apa yang terjadi pada dirinya. Tentunya yang demikian janganlah anda tiru, karena segala hal yang terjadi belum tentu anda duga sebelumnya.

Asuransi

Hasil gambar untuk keuangan

Asuransi merupakan suatu jaminan hidup yang harus anda punya karena nantinya jika anda mengalami suatu peristiwa seperti kecelakaaan misalnya maka asuransilah yang akan menolong anda untuk berobat. Dana asuransi akan di berikan setiap bulannya dan akan bisa di cairkan jika memang sangat di butuhkan oleh anda dan tentunya di cairkan dengan banyak persyaratan. Bukan hanya itu saja, menariknya sebuah dana asuransi di ibaratkan seperti tabungan. Namun bedanya dana asuransi tidak dapat di cairkan secara Cuma – Cuma. Sedangkan untuk tabungan anda bisa mengambilnya selagi anda benar – benar membutuhkannya. Persamaan keduanya sebenarnya terletak pada simpananannya. Hal ini karena baisanya asuransi di setorkan setiap bulan dan begitu juga pada tabungan yang bisa anda setorkan setiap bulannya. Asurasi sangatlah penting untuk semua orang maka dari itu anda wajib memasukan asuransi kedalam anggaran pengeluaran.

Investasi

Investasi merupakan hal yang wajib selanjtnyan untuk anda masukan kedaftar anggaran pengeluaran, alasanya karena investasi ini seperti tabungan. Yang mana dalam sebuah investasi anda akan memiliki keuntungan yang cukup tinggi karena jika anda misalnya memiliki investasi saham maka anda bisa menjualnya pada saat harga saham naik. Sebanrnya jika kita tela’ah lebih dalam lagi maka investasi ini terbagi menjadi pengeluaran dan pemasukan.

Gambar terkait

Hal ini karena jika pada saat anda melakukan investasi maka anda harus mencatat transaksi tersebut sebagai pengeluaran. Sedangkan jika anda sedang mengambil keuntungan dari investasi maka anda harus memasukan transaksi tersebut sebagai pemasukan. Hal ini juga berlaku pada anggaran pengeluaran karena anda bisa menerka – nerka berapa persen penghasilann anda yang akan anda investasikan. Dengan demikian sudah jelas bahwa investasi harus masuk kedalam daftar anggaran pengeluaran.

Biaya Entertainment atau Liburan

Liburan meruapakan hal yang wajib untuk anda yang memiliki rutinitas yang cukup padat karena gunanya untuk merefresh otak anda agar lebih segar lagi. Bukan hanya itu saja dengan adanya liburan juga anda bisa menghilangkan segala penat runititas anda di tempat kerja. Maka dair itu tentunya bisa dikatakan bahwa liburan itu wajib anda lakukan setiap bulannya.

Gambar terkait

Liburan juga memiliki sejumlah biaya untuk dapat menikmatinya baik liburan yang bersifat wisata alam atau sekedar main ke mall. Tentunya dengan adanya fakta bahwa liburan kebutuhan yang wajib dan merupakan hal yang sangat memerlukan biaya  maka tentu hal ini yang mengharuskan liburan masuk kedaftar anggaran pengeluaran.

Dana Darurat

Dana darurat adalaha untuk kebutuhan anda jika ada suatu hal yang mendadak yang mana bisa saja terjadi dan tak terduga. Biasanya dana darurat ini biasanya anda gunakan untuk keperluan misalnya jika anda sedang sakit atau lainnya. Tentu anda akan memerlukan dana tersebut untuk menutupi kebutuhan yang mendadak demikian. Tak hanya itu saja, jika sebelumnya anda bisa menggunakan tabungan anda untuk keperluan mendadak maka dana darurat ini di gunakan untuk anda yang memiliki kebutuhan mendadak dengan jumlah kapasitas yang cukup kecil biayanya. Maka dari itu dana darurat ini perlu di adakan guna kelangsungan ketenangan hidup anda. Dengan demikian maka sudah pasti dana darurat sebagai tambahan biaya yang harus di catat dalam anggaran pengeluaran anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *