Rekomendasi 12 Bisnis Untung Banyak Tapi Modal Kecil

Rekomendasi 12 Bisnis Untung Banyak Tapi Modal Kecil

Konsultannasa.net – Beberapa orang mungkin akan lebih akan memilih untuk memuulai bisnis daripada bekerja ikut orang. Namun sebagaian dari anda juga merasa gelisah bisnis apa yang hanya memerlukan modal sedikit akan tetapi dapat mendapat pendapatan yang banyak. Untuk menjawab kegelisahan anda berikut ini adalah beberapa bisnis atau usaha yang hanya memerlukan modal sedikit :

12. Bisnis MLM Online

MLM atau yang biasa disebut dengan Multi Level Marketing merupakan sebuah metode pemasaran terbaru yang tentunya dapat diharapkan untuk menghemat biaya pemasaran. Beberapa usaha yang dijalankan dengan model MLM seiring dengan perkembangan teknologi maka model MLM ini bisa dijalankan secara online.  Hal ini karena dijalankan secara online maka bisnis ini tidak menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan seperti pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang. Dan tentunya  semua proses itu bisa dilakukan secara online. Akan tetapi tetap kita harus hati – hati terhadap MLM abal-abal pasalnya tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik.  (baca juga : Daftar Harga Produk NASA Yang Harus Kamu Tahu )

Gambar terkait

11. Toko Online

Pada era internet sekarang ini tentu masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Oleh karna itu peluang membuka toko online pun semakin menarik untuk dicoba. Sebagian produk yang paling banyak dijual belikan di toko online seperti pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya. Selain itu adapula bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual.

Tentunya anda tidak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Hal ini karena yang perlu dibeli antara lain hanya sebuah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan. Namun apabila anda bisa membuat dan mendesain sendiri tentu bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal. Untuk anda yang masih awam dengan jual beli online maka mulailah dengan sistem dropship. Pastinya sistem ini akan memberikan kemudahan dalam berjualan karena Anda tidak perlu membeli stok barang untuk dijual. Dengan anda cukup meneruskan informasi kepada pelanggan dan pihak supplier akan mengirimkan barang sesuai pesanan. Disini anda berperan sebagai pihak ketiga antara pembeli dan pemilik barang.

Gambar terkait

9. Berdagang Produk Pakaian Murah

Apabila anda ingin menjalankan sebuah usaha sampingan yang dapat dikelola secara sederhana maka sebaiknya anda lebih baik menjual produk yang tahan lama atau tidak bisa kadaluarsa. Seperti contohnya adalah sebuah pakaian. Hal ini karena tentu pakaian yang merupakan salah satu kebutuhan pokok. Selain itu modal pada bisnis ini yang digunakan dapat dikatakan tergolong kecil tentu tergantung stok yang ingin diambil. Mungkin hanya dengan anda mengeluarkan modal Rp1 juta maka anda bisa membeli sejumlah pakaian baru dari toko grosir.

8. Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Adapula sebuah usaha sampingan yang menarik lainnya seperti jual beli motor bekas. Pasalnya pada dealer di kota sekelas kabupaten saja saat ini setidaknya bisa melepas 50 – 100 unit kendaraan baru per minggu. Tentu dapat anda bayangkan seberapa pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang ini. Selain itu anda juga bisa ikut andil mencari peruntungan di bisnis ini dengan cara jual beli motor bekas yang mana dalam istilah pasarnya adalah makelar. Apabila anda sendiri sudah mulai mengerti siklus dan persaingan pasar maka tak ada salahnya mulai buka display motor di rumah.

Selain itu juga apabila anda pada saat memulai usaha ini sebagai makelar tentu secara teknis Anda tidak butuh modal. Oleh karena itu tugas anda hanya membangun kepercayaan saja. Mungkin anda bisa memulain dengan cara Anda membantu menjualkan motor orang lain dan mendapatkan komisi. Setelah itu jika anda sendiri sudah yakin punya pasar yang jelas maka Anda bisa memulai dengan membeli motor bekas di bawah Rp10 juta. Lalu kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga.

Hasil gambar untuk BISNIS jual beli motor

7. Menjadi Agen Pemasaran Umroh dan Haji

Bukan hal yang asing lagi jika kita mengatakan bahwa binis umroh merupakan bisnis yang sangat menggiurkan. Pasalnya jika kita dapat melihat pada antrian haji yang sedemikian lamanya bahkan mencapai 17 tahun lebih. Hal ini membuktikan bahwa adalah cermin bahwa Anda bisa mendapat peluang menjalankan usaha pada bidang ini. Dengan adanya jumlah jamaah umroh telah mencapai lebih dari 1,6 juta jamaah dalam satu periode umroh. Namun hal yang disayangkan adalah adanya kurang dukungan dengan pengelolaan yang profesional. Hal inilah yang akan membuat calon jamaah banyak yang skeptis terhadap biro umroh seiring dengan banyak kasus penipuan umroh yang dilakukan oleh biro yang tidak bertanggung jawab.

Tentu anda pun bisa turut serta mengambil peluang untuk menjalankan bisnis umroh ini. Selain itu anda akan mendapat pahala dan juga akan mendapat manfaat berupa komisi dari pemilik biro umroh. Pastinya bisni ini tidak membutuhkan modal dalam menjalankan bisnis sebagai agen pemasaran umroh dan haji ini. Hal yang perlu dilakukan hanya rajin menawarkan paket umroh dari biro rekanan baik melalui kelompok pengajian, arisan, maupun door to door. Selain itu pada pemasaran umroh dan haji relatif mudah dan juga minim risiko dengan keuntungan yang lumayan. Karenanya dengan membuka biro sendiri yang butuh dana ratusan juta dan penuh dengan risiko.

Gambar terkait

Tentunya bila anda salah mengelola maka risikonya bisa saja bangkrut dan meninggalkan banyak masalah dengan jamaah. Pada setiap jamaah yang mendaftar ke biro umroh atas referensi anda maka komisi atas usaha tersebut bisa anda dapatkan dengan nilai yang berkisar antara Rp500 ribu hingga 1 juta. Perlu anda ketahui untuk menjadi agen pemasaran umroh dan haji tentu sangat mudah yakni dengan cara anda bisa memasarkan produk umroh dan haji. Misalnya saja anda sudah pernah umroh sehingga lebih mudah menggambarkan paket umroh yang dijual dengan kondisi riil di lapangan. Namun bagi anda yang belum pernah haji atau umroh tidak perlu khawatir karena seluk beluk haji dan umroh bisa anda pelajari sendiri. Lalu sampaikanlah minat anda untuk menjadi agen pemasaran umroh ke biro umroh yang memiliki reputasi bagus.

Perlu hati – hati agar tidak terjebak dengan biro yang jamaahnya banyak maka utamakan legalitasnya. Untuk meminimalisir penipuan anda harus melakukan sedikit riset terlebih dahulu  mengenai biro perjalanan umroh dan haji di mana Anda akan mendaftar. Setelah itu jika sudah yakin dengan biro yang dipilih maka sampaikan niat anda untuk jadi agen pemasaran produk umroh dan haji tersebut. Disarakan untuk anda sebaiknya proses menjadi agen dilakukan secara resmi dengan tanda tangan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Pasalnya ada kesepakatan antara kita dengan manajemen travel atau perusahaan travel maka dari situlah akan timbul kesepakatan yang berkenaan dengan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. Selain itu pada mekanisme pemasaran dan komisi atas penjualan yang dilakukan tentunya hal demikian harus dibicarakan dengan jelas.

6. Menjadi Agen Asuransi

Jika anda menjadi Agen asuransi umumnya memang sering dijadikan profesi sampingan. Hal ini di sebabkan bisnis ini tidak mengikat dan juga tidak butuh modal. Akan tetapi pada bisnis ini akan memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Pastinya hal ini akan sangat menarik dengan andanya tambahan penghasilan yang sangat proporsional. Maka bisa dikatakan pada bisnis ini jika Anda ingin punya penghasilan yang tinggi tentu anda juga harus kerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar juga. Bagi anda yang ingin berkarir di sini pastinya ada tahapan pengembangan diri lebih lanjut. Selain itu tidak  jarang sebuah usaha sampingan yang sukses bisa berlanjut ke karir yang lebih baik begitu juga pada agen asuransi juga termasuk yang seperti itu. Jika anda menjadi agen asuransi yang berprestasi biasanya mendapatkan kesempatan berkembang dengan diberikan berbagai macam training maupun kesempatan studi banding ke berbagai tempat di seluruh dunia.

Hasil gambar untuk BISNIS

5. Menjadi Makelar Properti

Bukan hal yang tabu lagi jika nilai aset yang selalu naik harganya adalah properti. Beberapa  orang yang memiliki dana lebih akan menginvestasikan uangnya di bidang ini. Ketika para investor tersebut ingin menjual properti yang mereka miliki tentunya mereka akan membutuhkan beberapa jasa makelar properti yang bisa menjual dengan harga yang sesuai harapan. Kondisi yang seperti ini akan membuka peluang bagi anda untuk bergabung sebagai makelar properti. Sebenarnya pada  bisnis seperti ini tidak membutuhkan modal biaya karena anda hanya membangun kepercayaan yang diperlukan. Selain itu anda juga di sarankan agar tidak pernah bosan untuk terus menambah wawasan anda tentang dunia properti. Hal ini akan menjadikan jaringan dan pengetahuan anda semakin bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.

Hasil gambar untuk BISNIS properti

4. Menjadi Menjahit Pakaian

Selain bisnis yang sebelumnya di sebutkan diatas adapula peluang lainnya bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian. Dengan cara anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Pastinya dalam benak anda usaha sampingan seperti ini yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Akan tetapi anda juga perlu mengingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang. Yang mana bisnis ini akan membuat waktu anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Maka dari itu anda tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Sebagai langkah awal disarankan anda sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Yakni anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Tentu dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Tahap selanjunya anda hanya perlu mencari pelanggan dari orang – orang di sekitar Anda. Hal lainnya yang harus anda perhatikan yakni anda harus membatasi pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Lalu bila sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah maka anda bisa juga membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda.

Hasil gambar untuk BISNIS menjahit

3. Membuat Desain Grafis

Bukan hanya menjahit pakaian saja pada usaha sampingan seperti ini juga cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Tentunya di sela – sela pekerjaan utama anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Perlu anda ketahui bahwa jasa desain yang banyak dicari orang – orang seperti kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Pada beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini seperti sribulancer.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com (dulu bernama odesk.com). selain itu pada bisnis ini tidak membutuhkan modal banyak karena hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan. Hal ini di gunakan untuk selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan anda. Tentunya produk yang kreatif dan tepat waktu merupakan kunci sukses bisnis ini.

Hasil gambar untuk bisnis desain grafis

2. Bisnis Cuci Motor dan Mobil

Pastinya anda berpikir bisnis seperti ini  tidak akan pernah sepi. Hal ini karena orang rela untuk mengantri hingga memrlukan waktu yang berjam – jam hanya untuk mendapatkan giliran di cuci kendaraannya. Pastinya harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri. Selain itu bisnis seperti ini modal yang di keluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi anda seorang pemula di sarankan sebaiknya anda memulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Karena pada cuci motor hanya membutuhkan kebutuhan peralatan cukup sederhanda dan juga harus dimiliki.

Hal ini karena anda hanya memerlukan persediaan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Pastinya semua barang tersebut dapat anda dapatkan dengan dana paling murah Rp 2 juta untuk jasa cuci motor sederhana. Dengan hitungan modal maksimal hingga sekitar Rp10 juta hal ini jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Pada umumnya pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

Gambar terkait

1. Membuka Usaha Laundry Kiloan

Pada jaman sekarang ini yanga mana segala hal sudah serba praktii tentu masih banyak orang berfikir pragmatis. Dimana seseorang berpikir daripada waktunya dihabiskan hanya untuk mencuci pakaian maka lebih baik  mending laundry saja. Hal inilah yang membuat sebuah ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Sesoerang sebagai pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja. Beberapa orang yang sebagai pemain bisnis ini juga terjun langsung membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga ikut bersaing.

Hasil gambar untuk Bisnis laundry

Bukan hanya sampai disitu saja karena bisa dipastikan bisnis ini sangat mudah untuk di jalankan. Perlu di ingat  untuk sukses di dalam bisnis ini maka anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Terutama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar.  Carilah beberapa tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta atau pegawai negeri sipil karena pada lokasi yang demikian itu merupakan lokasi yang sangat tepat untuk membuka usaha ini. Selain itu modal yang diperlukan bagi anda yang akan mulai menjalankan bisnis ini hanya dengan modal Rp7,5 juta. Nah, modal tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering. Dan untuk setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung seperti misalnya timbangan, plastik, dan setrika serta juga gaji pegawai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *